Ilustrasi
GENIAL.  Hai sahabat Genial, mau tau amalan yang ringan tapi memiliki pahala  besar dan mendatangkan ampunan dari Allah SWT? Amalan tersebut adalah Dzikrullah atau berdzikir kepada Allah.

Meskipun amalan ini merupakan suatu  yang mudah  dan bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, tapi kebanyakan manusia lalai, dan enggan melakukan. Alasannya beragam, ada yang beralasan sibuk dengan pekerjaannya, ada yang merasa tidak ada waktu, atau alasan-alasan yang lain.

Sungguh, sangat rugi jika kita tidak memanfaatkan sisa-sisa umur kita untuk berdzikir kepada Allah. Padahal ini sangat mudah dilakukan kapan pun dan dimanapun. Tinggal kita memiliki tekad untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah.

Bisa saja saat kita dalam perjalanan, dari pada menggerutu soal kemacetan, lebih baik hati dan lisan kita sibukkan untuk berdzikir kepada Allah. Atau dari pada sibuk memikirkan sesuatu yang tidak jelas lebih baik digunakan untuk berdzikir.

Dzikrullah merupakan perkara yang paling agung yang Allah perintahkan dalam Al-Quran dan melalui lisan Rasul-Nya. Allah menjanjikan pahala yang amat besar bagi orang yang mau berdzikir kepada Allah.

Bahkan dzikrullah adalah sebaik-baiknya amal disisi Allah. Abu Darda menukil sabda baginda Nabi besar Muhammad SAW. “Maukah kalian aku beri tahukan amalan yang terbaik, yang paling suci di sisi Allah, serta yang paling bisa mengangkat derajat kalian, dan yang lebih baik daripada menginfakkan emas dan perak bagi kalian, juga yang lebih baik daripada kalian menyerbu musuh kemudian memenggal leher mereka dan atau mereka memenggal leher kalian?” Para Sahabat menjawab: “Tentu wahai rasul,” Maka beliau menjawab “Yaitu berdzikir kepada Allah,” (HR. At Tirmidzi).

Dari penggalan hadits rasul di atas ini menegaskan berdzikir kepada Allah memiliki keutamaan yang sangat luar biasa. Lebih besar menginfakan emas atau berjihad di jalan Allah. Dan Allah berjanji jika kita senantiasa mengingatNya (dzikrullah) maka Allah akan mengangkat drajat kita. Semoga kita tidak henti-hentinya melakukan dzikir kepada Allah SWT.  (Mir)

You may also like